PENELITIAN DASAR, PENELITIAN TERAPAN, PROPOSAL PENELITIAN, DAN LAPORAN PENELITIAN

PENELITIAN DASAR VS PENELITIAN TERAPAN: DEFINISI DAN CONTOH

Penelitian adalah penyelidikan yang diperhitungkan yang menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan. Ini dapat dipahami sebagai studi yang dilakukan oleh individu atau entitas secara sistematis, untuk menemukan solusi atas masalah yang sedang dipertimbangkan. Survei atau eksperimen dilakukan untuk mengumpulkan informasi sesuai dengan tujuannya.

Berdasarkan tujuan atau kegunaannya, pendekatan penelitian dapat bersifat dasar atau terapan. Sementara penelitian dasar bertujuan untuk memperluas pengetahuan dengan menciptakan teori-teori baru dan memodifikasi yang sudah ada, penelitian terapan difokuskan pada penyediaan solusi praktis untuk masalah tertentu dengan menganalisis bukti empiris.

Apa Itu Penelitian Dasar?

Penelitian dasar adalah suatu pendekatan penelitian yang seluruhnya bersifat teoritis dan ditujukan untuk meningkatkan atau memperluas basis pengetahuan suatu bidang kajian tertentu. Penelitian Dasar berkaitan dengan generalisasi dan perumusan teori tentang perilaku manusia. Hal ini selaras dengan pengumpulan informasi yang memiliki penerapan universal. Oleh karena itu, penelitian dasar membantu dalam menambah pengetahuan baru pada pengetahuan yang sudah ada.

Ini juga dikenal sebagai penelitian fundamental atau murni dan merupakan penyelidikan sistematis yang ditetapkan untuk mencapai pemahaman yang lebih baik dan lebih rinci tentang subjek atau fenomena penelitian, bukan untuk memecahkan masalah tertentu. Informasi yang diperoleh dari penelitian dasar sering kali menjadi landasan bagi studi terapan.

Apa Itu Penelitian Terapan?

Penelitian terapan adalah jenis pemeriksaan yang mencari solusi praktis untuk masalah yang ada. Ini dapat mencakup tantangan di tempat kerja, pendidikan dan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi empiris, seperti eksperimen, untuk mengumpulkan data lebih lanjut di suatu bidang studi. Temuan dapat diterapkan dan biasanya diimplementasikan setelah menyelesaikan studi. Penelitian terapan berfokus pada menjawab satu pertanyaan spesifik untuk klien atau sponsor. Ini adalah jenis metode penelitian untuk menerapkan ilmu alam ke kehidupan nyata untuk memperbaiki kondisi manusia. Ada tiga jenis penelitian terapan:

1.      Penelitian tindakan: Penelitian tindakan membantu bisnis menemukan solusi praktis untuk masalah dengan memberi mereka panduan.

2.      Penelitian evaluasi: Dalam penelitian evaluasi, peneliti menganalisis informasi yang ada untuk membantu klien membuat keputusan yang tepat.

3.      Penelitian dan pengembangan: Penelitian dan pengembangan berfokus pada penciptaan produk atau layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pasar sasaran.

Perbedaan Utama Antara Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan

Poin-poin yang diberikan di bawah ini menjelaskan perbedaan antara penelitian dasar dan penelitian terapan:

·          Penelitian Dasar dapat dijelaskan sebagai penelitian yang mencoba memperluas basis pengetahuan ilmiah yang sudah ada. Sebaliknya, penelitian terapan digunakan untuk mengartikan studi ilmiah yang membantu dalam memecahkan masalah kehidupan nyata.

·          Sementara penelitian dasar murni teoritis, penelitian terapan memiliki pendekatan praktis.

·          Penerapan penelitian dasar lebih besar daripada penelitian terapan, dalam arti bahwa yang pertama dapat diterapkan secara universal sedangkan yang terakhir hanya dapat diterapkan pada masalah tertentu, untuk mana penelitian itu dilakukan.

·          Perhatian utama dari penelitian dasar adalah untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah dan prediksi. Di sisi lain, penelitian terapan menekankan pada pengembangan teknologi dan teknik dengan bantuan ilmu dasar.

·          Tujuan mendasar dari penelitian dasar adalah untuk menambahkan beberapa pengetahuan ke yang sudah ada. Sebaliknya, penelitian terapan diarahkan untuk menemukan solusi untuk masalah yang sedang dipertimbangkan.

Grafik Perbandingan

Dasar Perbandingan

Penelitian Dasar

Penelitian Terapan

Pengertian

Penelitian Dasar mengacu pada studi yang bertujuan untuk memperluas basis pengetahuan ilmiah yang ada.

Penelitian Terapan adalah penelitian yang dirancang untuk memecahkan masalah praktis tertentu atau menjawab pertanyaan tertentu.

 

Sifat Dasar

Theoretical (Teori)

Practical (Alam)

Utilitas

Universal

Terbatas

Berkaitan dengan

Mengembangkan pengetahuan dan prediksi ilmiah.

Pengembangan teknologi dan teknik.

Tujuan

Untuk menambahkan beberapa pengetahuan ke yang sudah ada.

Untuk mengetahui solusi dari masalah yang dihadapi.


PROPOSAL PENELITIAN VS LAPORAN PENELITIAN: DEFINISI DAN CONTOH

Proposal penelitian dan laporan penelitian adalah dua istilah yang sering membingungkan banyak peneliti mahasiswa. Proposal penelitian menggambarkan apa yang peneliti ingin lakukan dalam studi penelitiannya dan ditulis sebelum pengumpulan dan analisis data. Sebuah laporan penelitian menjelaskan seluruh studi penelitian dan diserahkan setelah kompetisi dari seluruh proyek penelitian.

Dengan demikian, perbedaan utama antara proposal penelitian dan laporan penelitian adalah bahwa proposal penelitian menggambarkan penelitian yang diusulkan dan desain penelitian sedangkan laporan penelitian menggambarkan penelitian yang telah selesai, termasuk temuan, kesimpulan, dan rekomendasi.

Apa Itu Proposal Penelitian?

Proposal penelitian adalah ringkasan singkat dan jelas dari studi penelitian yang diusulkan, yang disiapkan pada awal proyek penelitian. Tujuan dari proposal penelitian adalah untuk membenarkan perlunya proposal penelitian tertentu dan menyajikan metode dan cara praktis untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Dengan kata lain, proposal penelitian menyajikan desain penelitian yang diusulkan dan membenarkan perlunya penelitian tertentu. Dengan demikian, proposal penelitian menjelaskan apa yang ingin dilakukan dan mengapa berniat melakukannya.

Proposal penelitian umumnya berisi segmen-segmen berikut:

1.      Judul Proposal

2.      Latar Belakang & Perumusan masalah

3.      Tujuan dan Lingkup Penelitian

4.      Tinjauan Pustaka/Landasan teori

5.      Kerangka Pemikiran dan Hipotesis

6.      Cara Penelitian

7.      Jadwal Penelitian

8.      Daftar Pustaka

9.      Lampiran

Masing-masing segmen ini sangat diperlukan untuk proposal penelitian. Misalnya, tidak mungkin menulis proposal penelitian tanpa membaca karya terkait dan menulis tinjauan pustaka. Demikian pula, tidak mungkin untuk memutuskan metodologi tanpa menentukan pertanyaan penelitian yang spesifik.

Apa Itu Laporan Penelitian?

Laporan penelitian adalah dokumen yang diserahkan pada akhir proyek penelitian. Ini menjelaskan proyek penelitian selesai. Ini menggambarkan pengumpulan data, analisis, dan hasilnya juga. Jadi, selain bagian yang disebutkan di atas, ini juga mencakup bagian seperti,

·       Temuan

·       Analisis

·       Kesimpulan

·       Kekurangan

·       Rekomendasi

Isi laporan penelitian:

1.     Latar Belakang, rumusan permasalahan, keaslian penelitian dan faedah yanh diharapkan.

2.     Tujuan dan lingkungan penelitian

3.     Tinjauan pustaka

4.     Landasan teori

5.     Hipotesis

6.     Cara penelitian

7.     Jadwal penelitian

8.     Lampiran 

Sebuah laporan penelitian juga dikenal sebagai tesis atau disertasi. Laporan penelitian bukanlah rencana penelitian atau rancangan yang diusulkan. Ini menggambarkan apa yang sebenarnya dilakukan selama proyek penelitian dan apa yang dipelajari darinya. Laporan penelitian biasanya lebih panjang dari proposal penelitian karena memuat proses penelitian langkah demi langkah.

Perbedaan Utama Antara Proposal Penelitian dan Laporan Penelitian

Poin-poin yang diberikan di bawah ini menjelaskan perbedaan antara penelitian dasar dan terapan:

·       Tujuan

Proposal Penelitian: Proposal Penelitian menjelaskan apa yang ingin dilakukan peneliti dan mengapa ia bermaksud melakukannya.

Laporan Penelitian: Laporan penelitian menggambarkan apa yang telah dilakukan peneliti, mengapa dia melakukannya, dan hasil yang telah dia capai.

·       Alur Penulisan

Proposal Penelitian: Proposal penelitian ditulis di awal proposal penelitian sebelum proyek penelitian benar-benar dimulai.

Laporan Penelitian: Laporan penelitian diselesaikan setelah selesainya keseluruhan proyek penelitian.

·       Isi

Proposal Penelitian: Proposal penelitian berisi bagian-bagian seperti pendahuluan/latar belakang, tinjauan pustaka, pertanyaan penelitian, metodologi, maksud dan tujuan.

Laporan Penelitian: Laporan penelitian berisi bagian-bagian seperti pendahuluan/latar belakang, tinjauan pustaka, pertanyaan penelitian, metodologi, maksud dan tujuan, temuan, analisis, hasil, kesimpulan, rekomendasi, kutipan.

·       Panjangnya

Proposal Penelitian: Proposal penelitian lebih pendek.

Laporan Penelitian: Laporan penelitian lebih panjang dari proposal penelitian.

Contoh Proposal Penelitian dan Laporan Penelitian 

Proposal Penelitian : 

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Judul Penelitian

 Analisis Kegunaan Aplikasi Absensi karyawan di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi menggunakan metode System Usability Scale (SUS)

1.2  Latar Belakang

Dunia Teknologi saat ini perkembangannya semakin pesat dan cepat memasuki berbagai bidang, dengan menggunaan sistem, informasi dapat tersedia dengan cepat dan tepat.

Sistem sudah menjadi salah satu prasarana untuk mendukung semua proses yang terjadi mulai dari bisnis, administrasi, sampai kegiatan. Kehadiran sistem pada saat ini sangat membantu institusi  dan merupakan hal yang mutlak dan harus ada.

      Sekarang ini setiap institusi telah didukung oleh sistem informasi untuk mempermudah kegiatan. Sistem yang banyak digunakan di sebuah institusi terutama perguruan tinggi, dan khususnya untuk karyawan yaitu sistem absensi. Dengan adanya sistem informasi absensi pada rumah sakit jiwa, karyawan tidak perlu lagi melakukan absensi di kertas, sehingga pemantauan dan perekapan kehadiran karyawan  dapat dilakukan dengan mudah oleh bagian personalia atau ketenagaan, dengan harapan karyawan dapat disiplin waktu, apalagi pekerjaannya berkaitan dengan pelayanan yang setiap saat harus siap.

Penerapan teknologi dalam suatu organisasi akan berpengaruh terhadap keseluruhan organisasi, terutama pada sumber daya manusia. Faktor pengguna sangat penting untuk diperhatikan dalam penerapan sistem baru, karena tingkat kesiapan untuk menerima sistem baru mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan sukses tidaknya pengembangan dan penerapan sistem tersebut (Kustono, 2000).

Menggunakan program Aplikasi Absensi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan dan memudahkan karyawan dalam melakukan pendataan kehadiran. Oleh karena itu diperlukan analisis kegunaan dari aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan kepuasan pengguna yaitu karyawan agar dapat mempermudah pengembangan aplikasi.

Berdasarkan uraian  di atas fokus penelitian ini adalah Analisis kegunaan Aplikasi Absensi karyawan di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi menggunakan metode System Usability Scale (SUS).

1.3  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut:

1.3.1   Bagaimana User Experience saat menggunakan aplikasi absensi karyawan?

1.3.2   Apakah aplikasi absensi karyawan telah efisien?

 

1.4  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dasar dari penelitian ini yaitu:

1.4.1   Untuk mengetahui User Experience saat menggunakan aplikasi absensi karyawan

1.4.2   Untuk mengetahui efisiensi aplikasi absensi karyawan

 

1.5  Manfaat Penelitian

1.5.1   Mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah dan tingkat kepuasan karyawan

1.5.2   Memberikan masukan untuk pengembangan aplikasi

 

1.6  Lingkup penelitian

1.6.1   Lokasi Penelitian

Penelitian ini berlokasi di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi

1.6.2   Jadwal Penelitian

Penelitian ini diperkirakan akan menghabiskan waktu selama 2 minggu.

BAB 2. Tinjauan Pustaka 

2.1 Tinjauan Pustaka

     Terdapat penelitian yang relevan untuk mendukung penelitian ini. Referensinya adalah penelitian oleh Ike Kusuma Putri, Satrio Hadi Wijoyo, dan Yusi Tyroni Mursityo (2019), dalam penelitian tersebut peneliti melakukan pengujian untuk mengukur tingkat kegunaan (Usability) dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms), mengetahui tingkat kepuasan pengguna dihitung menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna dikumpulkan berbagai persepsi menggunakan kuesioner.

Menurut ISO 9241 – 11 (1998) Usability adalah sejauh mana sebuah produk dapat di gunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara efektif,efisiensi dan pengguna menjadi puas dalam konteks penggunaan. Secara umum pengertian Usability adalah atribut dari kualitas yang dipergunakan untuk mengevaluasi bagaimana mudah sebuah antarmuka dioperasikan. Dari penjelasan tersebut didapatkan 3 aspek usability menurut ISO (1998) yaitu (1) Effectiveness,yaitu kelengkapan serta ketepatan pengguna untuk mencapai tujuannya. (2) Efficiency, yaitu sumber daya yang dipergunakan pengguna untuk mencapai tujuannya. (3) Satisfaction, yaitu keterbebasan pengguna dari rasa tidak nyaman. Oleh karena itu Peneliti menganalisis kegunaan Aplikasi Absensi karyawan di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi supaya aplikasi ini dapat efektif, efisien, dan menarik bagi pengguna(karyawan).

 2.2 Landasan Teori

Pengertian Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau program yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada perangkat komputer, laptop ataupun smartphone. Aplikasi berasal dari bahasa Inggris Application yang artinya penerapan atau penggunaan. Secara teknis back-end aplikasi dibuat oleh para programmer atau developer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Aplikasi sendiri terbagi menajdi 3 jenis, yakni, Aplikasi dekstop (1) yang dijalankan pada komputer atau pc. Aplikasi web (2) yang dijalankan menggunakan komputer dengan koneksi internet dan Aplikasi mobile (3) yang dapat dijalankan di perangkat mobile.

Daya guna merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur sejauh manapenerimaan pengguna terhadap sistem (Sudarmawan dan Ariyus Dony, 2007: 127),sedangkan menurut ISO 1998 (2007: 127) daya guna (usability) adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh unsur untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya. Berdasarkan teori tersebut maka kegunaan/daya guna/Usability merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur sejauh mana penerimaan pengguna terhadap sistem.

Usability diartikan sebagai proses optimasi interaksi antara pengguna dengan sistem yang dapat dilakukan dengan interaktif, sehingga pengguna mendapatkan informasi yang tepat atau menyelesaikan suatu aktivitas pada aplikasi tersebut dengan lebih baik [3]. Agar suatu aplikasi menjadi efektif, efisien dan dapat memberikan kepuasan kepada pengguna, maka aplikasi tersebut harus dapat memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menyelesaikan aktivitasnya pada aplikasi tersebut sebaik mungkin.

Maka aplikasi yang mempunyai daya guna atau Usability yang ideal harus memiliki syarat yaitu Learn Ability menjelaskan ukuran bagi pengguna dalam memahami kebiasaan mengunjungi suatu website, mengetahui alasan mengakses dan mengidentifikasi yang dicari.Efficiency mejelaskan bahwa situs yang efisien dapat menyajikan informasi dengan cepat. Memorability menjelaskan ukuran bagi pengguna, sehingga website akan mudah diingat. Bila website banyak dilakukan perubahan, maka pengunjung akan memerlukan waktu untuk menyesuaikan dan mempelajarinya kembali.Errors adalah menghindari adanya link yang tidak berfungsi (broken link) atau halaman web yang masih dalam proses pembuatan (under construction).Satisfaction adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap pengguna. Pengunjung menginginkan situs dapat dengan mudah digunakan dan dipelajari.

System Usability ScaIe (SUS) merupakan metode pengujian kebergunaan yang menyediakan alat ukur yang dapat diandalkan dan cepat (Brooke, 1996). Kuesioner SUS ialah skala sederhana yang terdapat 10 item didalamnya dengan 5 opsi untuk setiap pernyataan, mulai dari setuju hingga sangat tidak setuju.

2.3 Hipotesis

Kegunaan aplikasi absensi karyawan  masih memiliki beberapa kekurangan, sehingga perlunya penelitian ini  untuk mengetahui usability level penggunaan aplikasi dalam aspek efficiency, effectiveness dan satisfaction serta mengetahui level user experience menurut persepsi karyawan. Supaya dapat meningkatkan kepuasan karyawan dalam menggunakan aplikasi ini.

 

BAB 3. METODE PENELITIAN

3.1    Tahap-tahap penelitian

Tahapan – tahapan penelitian yang harus dilakukan dalam menganalisis usability dan user experience pada aplikasi absensi karyawan menggunakan metode System Usability ScaIe (SUS) yaitu:

1)    Penelitian dimulai dengan melakukan studi literature yang  membahas teori apa saja yang digunakan dalam mendukung dan untuk pemahaman kepustakaan yang relevan dengan analisis penlitian. Dapat diperoleh dari buku maupun ebook, pdf, dan jurnal dari internet.

2)    Tahapan kedua yaitu pengujian kepuasan pengguna atau satisfaction pada aplikasi absensi karyawan yang diperoleh menggunakan kuisioner System Usability ScaIe (SUS).

3)    Tahap ketiga pengevaluasian hasil dari tahap sebelumnya, yaitu rekap data kuisioner yang diperoleh menggunakan metode System Usability ScaIe (SUS).

4)    Tahap keempat evaluasi perbaikan menurut persepsi karyawan agar menghilangkan masalah yang bisa berpengaruh terhadap kepuasan maksimal pengguna.

5)    Tahap kelima hasil dari tahapan sebelumnya yaitu pengambilan kesimpulan.

6)    Tahap terakhir Perekapan saran-saran yang diperoleh dari kuisioner yang diisi pegawai.

3.2    Jadwal penelitian

1)    Hari Pertama dan kedua : melakukan studi literature dengan mencari referensi terkait penelitian.

2)    Hari ke 3 – 6 : pengujian kepuasan pengguna atau satisfaction yang diperoleh menggunakan kuisioner System Usability ScaIe (SUS).

3)    Hari ke 7-8 : pengevaluasian dari perbaikan menurut persepsi karyawan

4)    Hari 9 – 12 : melalukan perbaikan dan konfirmasi perbaikan

5)    Hari ke 13 : evaluasi

6)    Hari ke 14 : rekap data kesimpulan dan saran

BAB 4. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN

Saputra, Eko. 2014. Usability Testing untuk Mengukur Penggunaan Website Inspektorat Kota Palembang. Universitas Bina Darma.

http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5800/2754

(PDF) PENGARUH SOFTWARE USABILITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SOFTWARE APLIKASI MYHOSPITAL DI RUMAH SAKIT BADAN PENGUSAHAAN (RSBP) BATAM | Nia Ekawati - Academia.edu

 

Laporan Penelitian :  

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang

Dunia Teknologi saat ini perkembangannya semakin pesat dan cepat memasuki berbagai bidang, dengan menggunaan sistem, informasi dapat tersedia dengan cepat dan tepat.

Sistem sudah menjadi salah satu prasarana untuk mendukung semua proses yang terjadi mulai dari bisnis, administrasi, sampai kegiatan. Kehadiran sistem pada saat ini sangat membantu institusi  dan merupakan hal yang mutlak dan harus ada.

Sekarang ini setiap institusi telah didukung oleh sistem informasi untuk mempermudah kegiatan. Sistem yang banyak digunakan di sebuah institusi terutama perguruan tinggi, dan khususnya untuk karyawan yaitu sistem absensi. Dengan adanya sistem informasi absensi pada rumah sakit jiwa, karyawan tidak perlu lagi melakukan absensi di kertas, sehingga pemantauan dan perekapan kehadiran karyawan  dapat dilakukan dengan mudah oleh bagian personalia atau ketenagaan, dengan harapan karyawan dapat disiplin waktu, apalagi pekerjaannya berkaitan dengan pelayanan yang setiap saat harus siap.

Penerapan teknologi dalam suatu organisasi akan berpengaruh terhadap keseluruhan organisasi, terutama pada sumber daya manusia. Faktor pengguna sangat penting untuk diperhatikan dalam penerapan sistem baru, karena tingkat kesiapan untuk menerima sistem baru mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan sukses tidaknya pengembangan dan penerapan sistem tersebut (Kustono, 2000).

Menggunakan program Aplikasi Absensi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan dan memudahkan karyawan dalam melakukan pendataan kehadiran. Oleh karena itu diperlukan analisis kegunaan dari aplikasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan kepuasan pengguna yaitu karyawan agar dapat mempermudah pengembangan aplikasi.

Berdasarkan uraian  di atas fokus penelitian ini adalah Analisis kegunaan Aplikasi Absensi karyawan di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi menggunakan metode System Usability Scale (SUS). 

1.2  Rumusan permasalahan

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut:

1.2.1      Bagaimana User Experience saat menggunakan aplikasi absensi karyawan?

1.2.2      Apakah aplikasi absensi karyawan telah efisien? 

1.3  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dasar dari penelitian ini yaitu:

1.3.1      Untuk mengetahui User Experience saat menggunakan aplikasi absensi karyawan

1.3.2      Untuk mengetahui efisiensi aplikasi absensi karyawan

1.4  Lingkup Penelitian

Penelitian ini berlokasi di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi 

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Usability

Menurut ISO 9241 – 11 (1998) Usability adalah sejauh mana sebuah produk dapat di gunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara efektif,efisiensi dan pengguna menjadi puas dalam konteks penggunaan. Secara umum pengertian Usability adalah atribut dari kualitas yang dipergunakan untuk mengevaluasi bagaimana mudah sebuah antarmuka dioperasikan. Dari penjelasan tersebut didapatkan 3 aspek usability menurut ISO (1998) yaitu (1) Effectiveness,yaitu kelengkapan serta ketepatan pengguna untuk mencapai tujuannya. (2) Efficiency, yaitu sumber daya yang dipergunakan pengguna untuk mencapai tujuannya. (3) Satisfaction, yaitu keterbebasan pengguna dari rasa tidak nyaman. Oleh karena itu Peneliti menganalisis kegunaan Aplikasi Absensi karyawan di Rumah Sakit Jiwa Kota Jambi supaya aplikasi ini dapat efektif, efisien, dan menarik bagi pengguna(karyawan).

2.2 User Experience

User Experience merupakan bagaimana pengalaman pengguna saat memakai atau berinterkasi menggunakan sebuah produk digital. Pengalaman tersebut bisa dilihat dari kemudahan pengguna dalam memperoleh apa yang mereka butuhkan dari produk digital tersebut secara lebih menarik dan menyenangkan.

Salah satunya dengan menerapkan User Experience yang bagus pada aplikasi absensi  maka aplikasi tidak hanya menarik dari segi tampilan tetapi juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para penggunanya(karyawan), menghinadari kerugian, dan mendorong loyalitas pengguna. User Experience memang semakin dibutuhkan seiring dengan semakin berkembangnya dunia digital. 

Dari pengembangan aplikasi, kegagalan website, aplikasi, dan jasa dapat diketahui melalui user experience oleh karena itu User Experience merupakan bagian yang sangat penting.

2.3 User Interface

User Interface adalah tampilan visual sebuah produk yang menjembatani sistem dengan pengguna (user). User Interface memang menjadi suatu hal yang sangat penting dalam dunia pengembangan aplikasi. User interface merupakan penggabungan antara konsep desain visual, desain interaksi, dan arsitektur informasi.  User interface dapat dikatakan baik jika mudah dipahami dan digunakan pengguna. Ciri user interface yang menarik yaitu jelas, singkat, familiar, responsive, konsisten, efisien, dan forgiving. Oleh karena itu sebagai seorang programmer sebelum aplikasi diluncurkan harus selalu mengetahui perkembangan terkini aplikasi dan kebutuhan pengguna, jika tidak pengguna akan beralih menggunakan aplikasi lain.

2.4 System Usability Scale (SUS)

System Usability Scale (SUS) merupakan kuesioner untuk mengukur persepsi kegunaan. Diciptakan oleh John Brooke pada tahun 1986 dan dahulu digunakan untuk menguji sistem elektronik kantor.

Penelitian Aplikasi Absensi Karyawan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) bertujuan untuk mengukur persepsi kegunaan aplikasi. System Usability Scale (SUS) berisi 10 pertanyaan dimana partisipan diberikan pilihan skala 1–5 untuk dijawab berdasarkan pada seberapa banyak mereka setuju dengan setiap pernyataan tersebut terhadap produk atau fitur yang kita uji. Nilai 1 berarti sangat tidak setuju dan 5 berarti sangat setuju dengan pernyataan tersebut.

Berikut 10 contoh pertanyaan yang akan ditanyakan:

1.      Saya pikir bahwa saya akan ingin lebih sering menggunakan aplikasi ini

2.      Saya menemukan bahwa aplikasi ini tidak harus dibuat serumit ini 

3.      Saya rasa aplikasi ini mudah untuk digunakan

4.      Saya pikir saya membutuhkan bantuan dari orang lain untuk dapat menggunakan aplikasi ini

5.    Saya menemukan bahwa terdapat berbagai macam fitur yang terintegrasi dengan baik dalam aplikasi ini

6.      Saya rasa banyak hal yang tidak konsisten terdapat pada aplikasi ini

7.      Saya rasa mayoritas karyawan akan dapat mempelajari aplikasi ini dengan cepat

8.      Saya menemukan aplikasi ini sangat rumit digunakan

9.      Saya merasa sangat percaya diri untuk menggunakan aplikasi ini

10.   Saya perlu belajar banyak hal sebelum saya bisa mulai menggunakan aplikasi ini

2.5 Rekomendasi perbaikan dasar

Data mengenai permasalahan dan saran diperoleh melalui pertanyaan terbuka dalam kuesioner. Pertanyaan ini disampaikan untuk melihat gambaran permasalahan yang dihadapi serta saran untuk pengembangan Aplikasi Absensi Karyawan selanjutnya.


Kesimpulan

    Jenis penelitian dapat bervariasi berdasarkan tingkat di mana penelitian dilakukan dan tujuannya. Seseorang dapat memilih penelitian dasar daripada penelitian terapan ketika tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan ilmiah tertentu, sedangkan ketika penting untuk mengidentifikasi solusi yang tepat untuk masalah yang diteliti, penelitian terapan lebih disukai.

    Penulisan, pengajuan dan penyajian Proposal yang baik selalu menjadi perhatian banyak mahasiswa di arena akademik. Penulisan proposal penelitian sangat penting dalam keseluruhan proses penelitian dan sering digunakan oleh evaluator untuk memutuskan apakah proyek yang diusulkan harus diterima atau ditolak, maka pentingnya penelitian seseorang dapat ditentukan oleh seberapa sempurna penelitiannya.

    Setelah selesai (menjelajahi yang tidak diketahui dan menemukan jawaban atas masalah yang diidentifikasi), penelitian harus diserahkan untuk disetujui. Ini adalah salah satu prosedur yang membutuhkan penelitian untuk disajikan dalam format standar yang dikenal sebagai laporan penelitian.

Referensi

Difference Between Basic and Applied Research (with Comparison Chart) - Key Differences

Basic Research vs. Applied Research: Definition and Examples | Indeed.com

Difference Between Research Proposal and Research Report | Comparison of Purpose, Function, Content (pediaa.com)

Difference Between Research Proposal and Research Report | Compare the Difference Between Similar Terms

Komentar